Sabtu, 19 November 2011

Manajemen pemasaran jasa


Manajemen Pemasaran Jasa; Teori dan Praktek menyajikan dasar-dasar pemasaran jasa bagi bisnis jasa dengan pendekatan manajerial. Hal ini dimaksudkan agar pembaca mendapatkan pemahaman yang menyeluruh tentang lingkup manajemen pemasaran jasa.

Buku Manajemen Pemasaran Jasa; Teori dan Praktek ini juga menggabungkan dua unsur teori dan praktik pemasaran jasa. Hal ini dimaksudkan agar pembaca tidak terjebak pada model tips-tips atau kiat-kiat pemasaran yang bersifat parsial dan sesaat. Namun, dengan fondasi teoritis (yang sebenarnya berawal dari penelitian empiris/praktik) maka akan diperoleh kerangka berpikir yang logis atas proses manajemen pemasaran jasa.

Contoh kasus ini setidaknya dimaksudkan untuk memberikan inspirasi bagi para pembaca yang mungkin sudah terjun dalam bisnis jasa. Oleh karena itu, contoh kasus tidak hanya diangkat dari satu jenis bisnis jasa, tetapi dari berbagai jenis bisnis jasa. Tujuannya adalah agar memperluas “outsider perspective” kita untuk dapat belajar dari kolega bisnis yang bergerak di sektor jasa lainnya.

Selain mengulas teori, buku ini juga dilengkapi dengan beberapa contoh kasus praktik pemasaran jasa di Indonesia. Di antaranya dari industri jasa penerbangan, hotel/cottage, asuransi, lembaga pendidikan tinggi, konsultan dan jasa pengiriman barang.

Ada beberapa definisi mengenai pemasaran diantaranya adalah :

a. Philip Kotler (Marketing) pemasaran adalah kegiatan manusia yang diarahkan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui proses pertukaran.

b. Menurut Philip Kotler dan Amstrong pemasaran adalah sebagai suatu proses sosial dan managerial yang membuat individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan lewat penciptaan dan pertukaran timbal balik produk dan nilai dengan orang lain.

c. Pemasaran adalah suatu sistem total dari kegiatan bisnis yang dirancang untuk merencanakan, menentukan harga, promosi dan mendistribusikan barang- barang yang dapat memuaskan keinginan dan mencapai pasar sasaran serta tujuan perusahaan.

d. Menurut W Stanton pemasaran adalah sistem keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan pembeli maupun pembeli potensial.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar