Minggu, 20 November 2011

Ruanglingkup manajemen pemasaran


Konsep manajemen pemasaran ada dua yakni :
  • Konsep manajemen pemasaran (the marketing concept)

Merupakan orientasi bahwa tugas pokok perusahaan adalah menentukan kebutuhan,keinginan dan penilaian pasar yg menjadi sasaran kemudian menyesuaikan sedemikian rupa kegiatan perusahaan agar dapat menyampaikan kepuasan yg diinginkan pasar secara lebih berdaya guna serta berhasil guna dibandingkan pesaingnya. Dalam konsep pemasaran,volume penjualan yg menguntungkan memang menjadi tujuannya. Akan tetapi laba yg diperoleh dari volume penjualan itu harus didapat dgn mendapat juga kepuasan dari konsumen.
  • Konsep penjualan ( the selling concept)

Mementingkan saja volume penjualan dan keuntungan tanpa pernah berpikir tentang kepuasan dari para konsumennya.

Perhatikan difinisi-definisi berikut :
  • Pengertian Pemasaran Menurut H. Nystrom

Pemasaran merupakan suatu kegiatan penyaluran barang atau jasa dari tangan produsen ke tangan konsumen.
  • Pengertian Pemasaran Menurut Philip dan Duncan

Pemasaran yaitu sesuatu yang meliputi semua langkah yang dipakai atau dibutuhkan untuk menempatkan barang yang bersifat tangible ke tangan konsumen.
  • Pengertian Pemasaran Menurut Asosiasi Pemasaran Amerika Serikat / American Merketing Association

Pemasaran adalah pelaksanaan kegiatan usaha pedagangan yang diarahkan pada aliran barang dan jasa dari produsen ke konsumen.

Jika kita tilik pengertian di atas, maka pemasaran hanya diartikan sebagai kegiatan mendistribusikan produk dari produsen ke konsumen. Dengan pengertian seperti itu menjadi tak ada bedanya antara pemasaran dan penjualan.

BEBERAPA PENGERTIAN

  • Pemasaran : serangkaian kegiatan yang menjurus pada suatu transaksi pertukaran antara seorang penjual dan pembeli atas dasar peralihan laba (WJK dkk, Marketing)
  • Kegiatan pemasaran : berpusat pada upaya perusahaan untuk memuaskan keinginan dan kebutuhan akan produk yang menawarikan nilai berdaya saing
  • Bauran pemasaran: sarana utama pemasar
  • Pemasaran : disiplin yang universal yang dapat diterapkan dimana saja; dari Australia sampai Zanzibar (A to Z).

 PEMASARAN : DISIPLIN YANG UNIVERSAL

  • Pemasaran : proses mengkonsentrasikan berbagai sumber daya organisasi terhadap kesempatan dan kebutuhan lingkungan.
  • Pemasaran : kumpulan konsep, sarana, teori, kebiasaan dan prosedur serta pengalaman yang dapat diajarjan dan dapat dipelajari.
  • Walaupun bersifat universal, kebiasaan pemasaran bervariasi antar negara

 PEMASARAN GLOBAL
  •  Dasar keberhasilan Pemasaran Global : pemahaman mendalam akan disiplin pemasaran (proses mengkonsentrasikan berbagai sumber daya organisasi terhadap kesempatan dan kebutuhan lingkungan)
  • Fakta : pemasaran bersifat universal, tapi, kebiasaan pemasaran bervariasi antar negara. Pengalaman suatu negara tidak serta-merta dapat diterapkan di negara lain
  • Keberhasilan pemasaran global sangat tergantung pada kemampuan menjadi “orang dalam”
  • Kemampuan “lokalisasi global” = kemampuan menjadi “orang dalam”(Think globally, act locally)
  • Pemasaran global tidak berarti masuk ke setiap negara
  • Keputusan untuk masuk ke pasar global: sumberdaya, pemikiran manajerial, peluang dan ancaman
  • Sebuah perusahaan yang gagal menglobal akan beresiko kehilangan bisnis domestik

Ruang Lingkup dan Analisis Pemasaran Interansional

Pemasaran Internasional adalah kinerja dari aktivitas-aktivitas bisnis yang dirancarang untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mengarahkan barang dan jasa perusahaan kepada pelanggan di lebih dari satu negara untuk mendapatkan keuntungan.

Globalisasi Ekonomi telah mengubah ekonomi modern yang telah dilakukan selama ini. Sehingga efisiensi, produktivitas, dan pasar terbuka semakin menuntut perusahaan untuk turut serta melakukannya. Ekonomi, Teknologi, Kekuatan Kebijakan Politik dan kekuatan demografis akan menjadibagiandari ekonomi global baru. Konsep, Proses dan Prinsip Pemasaran yang bisa diterapkan di seluruh penjuru dunia
a. Tugas Pemasaran Internasional :
  • Perusahaan yang akan melakukan pemasaran internasional harus melaksanakan tiga penangangan lingkungan berbeda yang simultan.
  • Sebagian lingkungan dapat dikontrol oleh perusahaan, namun sebagian lainnya hanya sedikit saja yang bisa terkontrol
  • Lingkungan tersebut terdiri dari Lingkungan Perusahaan, Lingkungan Domestik dan Lingkungan Asing

 b. Faktor Keputusan Pemasaran
Faktor-faktor ini berada pada lingkungan perusahaan dimana pemasar dapat mengendalikannya. Faktor-faktor tersebut adalah:
  • Price
  • Promotion
  • Product
  • Place (Channels of Distribution)

 Selain itu ada tiga keputusan dasar yang harus dihadapi manajemen pemasaran internasional:
  • Apakah perusahaan bakal turut serta dalam aktivitas-aktivitas pemasaran internasional
  • Seandainya perusahaan memutuskan ingin menggelar lapangann di kancah internasional maka harus diambil keputusan menyangkut pasar specific yang hendak dilayani.
  • Perusahaan mesti memutuskan bagaimana melayani pasar tersebut yakni metode atau system apa yang akan digunakan untuk menyampaikan produk-produk atau jasa ketangan para konsumen di Negara-negara asing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar